Latest News

Surabi Enhaii Bandung

Serabi berasal dari bahasa sunda yaitu “sura” yang berarti besar. Serabi atau surabi yaitu salah satu kuliner ringan atau jajanan pasar yang berasal dari Indonesia. Surabi dinyatakan sebagai kuliner khas jawa alasannya yaitu lebih terkenal di pulau ini. Surabi mempunyai bentuk yang ibarat dengan pancake namun lebih kecil dan tebal. Surabi umumnya terbuat dari tepung beras atau terigu yang dibakar dengan memakai alat tradisional yaitu tungku dan cetakan dari tanah liat. Jika pancake punya saus dengan banyak sekali pilihan rasa, kuliner ringan bagus serabi juga mempunyai kuah atau saus yang terbuat dari gula jawa sesuai dengan cita rasa nusantara. Kuah yang terbuat dari adonan gula jawa dan santan kelapa itu, biasa disebut dengan kinca. Dua jenis kuliner ringan bagus serabi yang terkenal dari Indonesia , yaitu serabi bandung dan serabi solo. Kedua serabi tersebut mempunyai perbedaan, baik dari materi hingga penyajiannya pun berbeda. Jika serabi bandung memakai tepung terigu, serabi solo memakai tepung beras. Selain itu serabi bandung biasa disajikan dengan kuah dari gula jawa dan santan yang biasa disebut kinca, sedangkan pada serabi solo santan ditambahkan dikala proses pembuatan masih berlangsung. Selain di tanah jawa, surabi juga sanggup ditemukan di ranah minang dan betawi. Serabi betawi, yang biasa disebut kuliner ringan bagus ‘ape’ cenderung ibarat dengan serabi solo yang bertekstur lembut. Sedangkan serabi minang banyak dijumpai di Medan. Serabi ini memakai kuah dasar dari adonan gula dan buah-buahan, terutama serabi kuah durian yang paling sering dicari.
 
 Serabi atau surabi yaitu salah satu kuliner ringan atau jajanan pasar yang berasal dari  Surabi Enhaii Bandung
image : kampungkuliner.com
Dalam perkembangannya kini ini kini serabi telah mempunyai banyak pilihan variasi. Mulai dari rasa original, yaitu serabi tanpa toping yang hanya disajikan dengan kuah kinca atau hanya dengan oncom, kini telah memakai variasi toping yang beranekaragam ibarat pisang, keju, cokelat, mayonnaise, bahkan ayam dan sosis.

Soerabi Bandung Enhaii pertama kali didirikan pada tahun 2009 oleh dua orang pengusaha yaitu Yasmar dan Andri di Padang, Sumatera Barat dengan konsep restoran keluarga. dimulai dari cita-cita untuk mempunyai sebuah perjuangan dengan prospek yang menjajikan maka dipilihlah bisnis makanan. Serabi bandung dipilih sebagai sajian utama alasannya yaitu perkembangannya yang signifikan sebagai kuliner ringan yang sanggup disantap kapan saja baik itu di pagi hari, siang atau malam dan disukai oleh oleh kalangan renta dan muda.

Nama Soerabi Bandung Enhaii sendiri diakui tidak mempunyai arti khusus. Diambil dari NHI Bandung yang memang menjadi awal mula daerah berkembangnya serabi dari tanah pasundan. Selain itu nama Soerabi Bandung Enhaii juga dianggap sempurna untuk mempermudah pengenalan serabi khas sunda kepada khalayak luas. Dan seiring berjalannya waktu para penggemar serabi ini punya interpretasi sendiri atas nama Enhaii yaitu “enak aduhai”. Logonya sendiri diinterpretasikan secara sederhana, dengan maksud mendeskripsikan seorang koki yang siap untuk menghidangkan kuliner kepada para pelanggan.

Dalam kurun waktu tiga tahun, Soerabi Bandung Enhaii telah mempunyai beberapa cabang, tiga cabang berlokasi di padang, tiga cabang di Palembang, Riau dan Jakarta. Soerabi Bandung Enhaii sendiri mempunyai 40 jenis topping untuk serabi. Mulai dari yang tradisional yang memakai gula jawa, oncom, durian, keju, coklat bahkan hingga yang memakai daging ibarat ayam dan sosis. Untuk sajian serabi yang paling digemari yaitu serabi kuah durian. Yang menciptakan sajian ini lebih Istimewa lagi yaitu durian dan mayo yang diolah sendiri. Untuk mayo sendiri, Soerabi Bandung Enhaii menyediakan dua jenis mayo, yaitu bagus dan pedas. Selain varian serabi, di restoran ini juga tersedia beraneka ragam sajian lainnya, mulai dari masakan Indonesia, Chinese dan western. Menu yang bervariasi, harga yang terjangkau dan suasana yang nyaman menimbulkan daerah ini digemari masyarakat sebagai salah satu pilihan untuk bersantap.

Bagi anda yang tertarik untuk merasakan soerabi Enhaii ini, silahkan tiba eksklusif kelokasinya di Jl Setiabudhi No 137 sempurna di depan kampus Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB), yang dulu terkenal dengan nama National Hotel Institute alias NHI.



sumber : 

1 Response to "Surabi Enhaii Bandung"

  1. numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    BalasHapus