Latest News

Oleh-Oleh Khas Kota Udang Cirebon

Apabila kita berkunjung ke Kota Udang Cirebon untuk urusan bisnis atau berwisata, tentunya mencari oleh-oleh untuk dibawa pulang ke rumah. Banyak oleh-oleh khas kota ini yang sanggup ditemui terutama aneka kulinernya, yang terkenal dan banyak dikenal yaitu Empal Gentong, Nasi Jamblang, Nasi Lengko, Tahu Gejrot, atau Doclang dll.
Namun yang unik dan Cirebon banget yaitu Krupuk mlarat dan Siroop Tjap Buah Tjampolay yang tampaknya melegenda.

Kerupuk mlarat
Apabila kita berkunjung ke Kota Udang Cirebon untuk urusan bisnis atau berwisata Oleh-oleh khas Kota Udang Cirebon
image : bismacenter.ning.com
Krupuk mlarat yaitu penganan khas Cirebon yang wajib dijadikan oleh-oleh bakal kita bawa pulang sesudah mengunjungi kota Cirebon, dinamakan krupuk mlarat yaitu alasannya yaitu proses penggorengan krupuk tidak memakai minyak ibarat biasanya melainkan memakai pasir yang sudah dibersihkan terlebih dahulu atau istilah setempat disebut dengan di sangray
kerupuk khas Cirebonyang berwarna warna merah, putih atau terkadang ada juga warna kuning biasanya disiram dengan sambal oncom encer, pedasnya sambel oncom ditambah kriuk dan rasa kerupuk gulung tikar yang agak manis, menimbulkan kerupuk yang satu ini mantap dan segar untuk dinikmati.


Sirup Tjap Buah tjampolay
Sirup Tjap Buah tjampolay yaitu sirup khas Cirebon yang telah diproduksi semenjak tahun 1936, sirup Tjampolay terdiri dari banyak sekali macam rasa buah-buahan ibarat melon, mangga gedong, jeruk nipis dan nanas bahkan rasa kopi moka pun ada.namun dari sekian banyak macam rasa tersebut yang menjadi favorit ialah rasa pisang susu. Karena selain rasa manisnya
Apabila kita berkunjung ke Kota Udang Cirebon untuk urusan bisnis atau berwisata Oleh-oleh khas Kota Udang Cirebon
image : hemart123.bogspot.com
yang khas, warna sirupnya pun sangat menarik, yaitu merah jambu. Sehingga tampak elok untuk dicampur dengan banyak sekali macam aneka es, ibarat es campur ataupun es kelapa.
Siroop Tjap Buah Tjampolay termasuk salah satu produk kawasan Cirebon yang melegenda. Produk eksotis ini, dari sisi awareness, masuk peringkat pertama dari sekitar 1.523 industri kecil yang tersebar di kota udang itu. Konon, formula produk sirup ini diperoleh Tan Tjek Tjiu pada 11 Juli 1936 lewat mimpi. Terlepas dari dongeng gaib ibarat itu, sirup ini di Cirebon memang melegenda, alasannya yaitu rasanya yang khas. Bahkan, di tahun 2001, produk sirup milik keluarga Tjiuw ini berhasil menggondol penghargaan Bintang I -- Standardisasi Kelayakan Industri dari Direktorat Jenderal Pengawasan Obat dan Makanan. Mengungguli 14 perusahaan se-Jawa Barat yang diukur menurut kualitas produk, proses produksi dan racikan.









0 Response to "Oleh-Oleh Khas Kota Udang Cirebon"